Pentingnya Warung Hidup di Rumah

28 Mar 2016

Bubur kacang hijau salah satu makanan kesukaan anak-anak di rumah. Lebih sehat dan irit buat sendiri bukan daripada beli. Paling enak tuh kalau ditambah daun pandan saat memasaknya, supaya lebih wangi. Saya kadang kesulitan mencari daun pandannya, di pasar mana ada yang jual. Sesekali sih minta tetangga jauh hehehe. Tapi lama-lama kan malu juga masa tiap masak minta. Eh ketauan sama bapak saya, beliau membawakan pandan dari rumahnya untuk ditanam di rumah kami. Wah asyik sekali nih kalau mau masak tinggal metik, gak perlu repot mencari kesana kemari. Ternyata penting juga ya menanam tanaman apotek atau warung hidup di rumah. 

Sejak dulu orang tua saya selau menanam tanaman bumbu dapur di rumah. Kebetulan di rumah yang kami tempati selalu ada lahan kosong yang bisa ditanami beberapa tumbuhan yang di pelihara oleh bapak saya. Alasan utamanya sih saat mama menanam bumbu dapur karena saat dibutuhkan dan tidak mempunyai stok di kulkas maka kegiatan memasak akan terhambat. Belum lagi kalau tukang sayung yang jauh atau saat waktu lebaran tiba yang otomatis penjual pun libur. Di sini lah pentingnya punya warung hidup atau apotik hidup di rumah.

Saya ingat waktu masih sekolah di pagar rumah ditumbuhi tanaman daun sirih yang lebat. Sering sekali tetangga meminta daunnya untuk obat. Kompres mata atau untuk membasuh bagian tubuh. Sampai sekarang orang tua saya kemana pun pindah rumah selalu menanam tanaman seperti itu di rumah.

Saat dibutuhkan bumbu dapur ini tinggal di korek saja di pekarangan. Tidak perlu punya lahan yang luas, karena bapak saya mengajarkan bisa menanam pada pot supaya lebih mudah.

Beberapa tanaman bumbu dapur yang wajib dimiliki antara lain :

Temu Kunci

Buat yang terbiasa makan sayur bayam, ini penting sekali. Penggunaan temu kunci akan membuat rasa sayur bayam beda. Di tambah jagung pipil hmmmm bikin makan lebih nikmat.

Kunyit

Di beberapa jenis masakan seperti opor, pesmol. Selain untuk rasa juga untuk mempercantik warna makanan. Warna kuningnya tentu saja alami ketimbang menggunakan pewarna makanan buatan. KUnyit juga di Indonesia sering digunakan sebagai bahan membuat jamu. Kalau saya sih sering memasak nasi goreng kunyit, untuk variasi masakan. KAlau pakai kecap kan sudah bosan dan biasa. Kunyit juag dipercaya sebagai obat maag.

Jahe

Supaya masakan tidak bau anyir, penggunaan jahe juga penting. Atau bisa juga digunakan untuk membuat minuman sebagai penghangat tubuh. Yang paling sering sih saya pakai untuk membuat bubur kacang hijau atau kolak.

Lengkuas

Sering kami gunakan untuk membuat bumbu ayam goreng atau daging goreng bubu lengkuas. Hmmm anak-anak suka sekali makan ayam goreng bumbu lengkuas

Daun Pandan

Untuk membuat makanan daun pandan ini berfungsi sebagai pewangi pada makanan, seperti pada bubur kacang hijau atau bubur sumsum

 

Berbagai manfaat dari tanaman apotek atau warung hidup di rumah antara lain :

  • Memudahkan saat diperlukan baik untuk memasak atau pengobatan.
  • Irit pengeluaran
  • Memanfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah agar terlihat lebih hijau
  • Menggunakan bahan yang fresh dan alami lebih bagik dibanding yang sudah di olah


TAGS one day one post


-

Author

Search

Recent Post